Cara dan Tips Memasak Udang Agar Tidak Menimbulkan Alergi Untuk Wajah

Cara dan Tips Memasak Udang Agar Tidak Menimbulkan Alergi Untuk Wajah - Sudah umum kita dengar jika udang itu bisa menimbulkan alergi pada tubuh kita. Dan alergi yang muncul bisa dimana saja dibagian tubuh ini termasuk wajah. Apalagi jika anda sedang menggunakan kosmetik pemutih wajah atau pemutih kulit, maka dengan mengkonsumsi udang dapat menimbulkan alergi juga. Namun, begitu ada tips menarik yang dapat mencegah timbulnya alergi karena udang, yaitu memperbaiki cara memasaknya. http://saricream.blogspot.co.id/

cara memasak udang agar tidak menimbulkan alergi wajah ruam merah bentol


Bagaimana cara memasak udang yang benar agar tidak menimbulkan alergi

Saya punya seorang kakak, yang hobi sekali cari udang. Bukan dilaut ya, namun udang air tawar, soalnya biasanya nyetrum udang dan dapat banyak. Sampai dijual ke orang orang. Nah, dalam satu kesempatan saya ikut membersihkan udang hasil tangkapannya untuk digoreng. Saat itu kata kakak, kalau membersihkan udang harus benar benar bersih, karena kalau tidak dapat menimbulkan alergi pada kulit kita.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Adapun secara rincin sebagai berikut cara membersihkan udang sebelum dimasak agar tidak timbul alergi pada kulit kita termasuk wajah :


  • Jika anda membeli udang, usahakan masih segar. Kalau anda penggemar udang tentu saja dapat membedakan udang segar dan yang sudah lama. Udang masih segar tidak lembek, terkadang ada udang yang kepalanya hampir putus dengan badannya, itu udang sudah lama sebaiknya jangan dibeli.

  • Bersihkan udang dengan benar. Jika udang yang ingin anda masak cukup besar maka kupas semua kulitnya dan bersihkan kotoran bagian dalam yang berwarna hitam seperti tali memanjang. Bersihkan sampai bersih. Jika udang kecil maka cukup bersihkan bagian kepala dan perut yang sudah termasuk kotorannya.

  • Setelah yakin bersih, maka selanjutnya rebus udang. Campurkan arang pada air tersebut.

  • Setelah cukup matang, maka angkat udang dan bersihkan lagi.

  • Udang sudah siap diolah untuk berbagai masakan kesukaan anda.

Demikian adalah tahap awal sebelum anda mengkosumsi udang untuk menghindari alergi kulit pada tubuh anda. Setidaknya kita sudah pernah memasak udang sehingga jika benar cara mencucinya, maka tidak menimbulkan alergi kulit. Mungkin inilah penyebab kita alergi saat makan udang atau makanan laut lainnya. Cara mencuci yang kurang bersih.


Selain itu, kita juga harus membatasi dalam mengkonsumsi makanan ini. Meskipun sudah di cuci bersih, dalam beberapa keadaan tubuh kita tidak dapat menaham pencetus alergi seperti udang ini. Sehingga ketika kondisi ngedrop maka tidak heran mudah sekali timbul alergi, gatal merah, bentol dan lain sebagainya.


Cara Mengatasi Alergi

Alergi pada dasarnya merupakan sebuah reaksi pada tubuh kita akibat sesuatu yang dirasa membahayakan. Sehingga muncul tanda yang membuat kita panik dan terganggu. Bisa anda bayangkan ketika makan suatu makanan, tiba tiba dalam waktu yang tidak lama, kulit jadi gatal-gatal, ruam merah, bentol meriang dan masih banyak lagi lainnya.


Apalagi jika itu timbul pada kulit wajah kita, wah bisa bikin kita malu dan ngumpet dari teman-teman. Saya juga pernah merasakan alergi seperti itu, muka merah, gatal, bentol dan ini tidak hanya diwajah saja. Bahkan saya merasakan di seluruh tubuh. Sehingga jika anda punya riwayat alergi sebaiknya membatasi untuk makan udang terlalu banyak.


Untuk mengatasi alergi maka ada beberapa hal yang harus dilakukan :
  1. Jangan panik. Ini penting untuk anda lakukan sehingga ketika panik maka dapat menyebabkan imunitas tubuh anda semakin lemah. Hasilnya alergi bisa makin hebat.
  2. Jika penyebabnya karena makan udang. Maka jangan dilanjutkan pada menu makanan anda selanjutnya. Minum banyak air putih dan air kelapa, konon 2 air ini berkhasiat dalam mengendalikan keracunan dalam tubuh.
  3. Minum obat anti alergi / anti nyeri. Jika hal diatas sudah anda lakukan dan tidak memberikan perubahan, maka bisa kamu coba dengan minum obat anti alergi. Salah satunya minum CTM, obat ini sangat umum digunakan saat kita sedang terkena alergi.
  4. Jika tidak ada perbaikan juga, maka pergi ke Dokter. Biasanya Dokter juga akan memberikan obat anti alergi yang bisa jadi dengan dosis yang tepat. Sehingga alergi yang anda alami dapat sembuh segera tidak ada lagi gejala alergi yang timbul.

Saya sendiri juga sering mengalami alergi, terutama alergi dingin. Yaitu ketika dalam situasi tubuh kurang fit maka alergi ini dapat dengan mudah muncul. Cirinya sama dengan alergi yang lain, bentol-bentol, ruam merah, gatal. Tidak hanya terjadi di wajah saja, namun disekujur tubuh. Sehingga saya sudah hapal obat anti alergi yang dapat saya gunakan. Termasuk salah satunya CTM, jika tidak mempan bisa dengan Incidal.


Gejala Alergi udang yang lain pada tubuh


Alergi tidak melulu persolana gatal dan bentol serta ruam pada kulit kita. Ada banyak gejala ketika kita mengalami suatu alergi. Setiap orang berbeda, sehingga dengan cara tepat mengatasi alergi hal itu tidak menjadikan masalah lagi. Adapun beberapa gejala alergi lain seperti berikut ini :
  • Mual
  • Diare
  • Sesak nafas
  • Pembengkakan tenggorokan / lidah
  • Nyeri perut
  • Pusing
  • Muntah-muntah
  • Jantung berbedar-debar tidak biasanya
  • Mengi seperti kena asma

Banyak tanda dan gejala alergi bisa kita temukan setelah mengkonsumsi udang. Meskipun tidak terlalu banyak mengkonsumsi kalau sudah alergi dengan makanan yang satu ini bisa saja muncul tidak lama setelah makan. Konon katanya, yang menyebabkan munculnya alergi saat makan udang adalah kotoran yang tidak dibersihkan dengan benar pada tubuh udang. Baik dari dalam tubuh atau kulit udang.